PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Usia Muda Menderita Kolesterol ? Pahami Penyebabnya


Rosasiva  |  Gaya Hidup dan Kesehatan  |  18 March 2021  |   2194 Pengunjung

Usia Muda Menderita Kolesterol ? Pahami Penyebabnya

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  18 March 2021 Usia Muda Menderita Kolesterol ? Pahami Penyebabnya

Di zaman yang serba instan termasuk makanan instan yang semakin banyak ini, tak heran banyak di jumpai orang berusia muda yang tiba-tiba mengalami penyakit kolesterol tinggi, sebagaimana pendapat dari seorang dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, dr. Vito Damay, Sp.JP, menyebutkan bahwa penyebab kolesterol tinggi di usia muda, seringnya seperti sesuatu yang di akibatkan kolesterol tinggi di sekelompok usia 40 tahun ke atas, di karenakan kolesterol tinggi adalah obesitas, jarangnya olahraga, banyaknya konsumsi gula juga junk food.

Penjelasan lengkapnya dari Dr Vito, menyebutkan jika tidak ada aktifitas fisik yang mengimbangi konsumsi makanan tak teratur, menyebabkan surplus kalori dan menjadi lemak berbahaya, gaya hidup yang seperti ini menjadi faktor utama penyebab serangan jatung, stroke di usia muda, yang marak terjadi beberapa tahun belakangan.

Baca Juga : Diet Mudah Dengan Defisit Kalori, Bagaimana Caranya?

Jadi, bagaimana cara mengakali agar kolesterol tidak di idap para pemuda jaman sekarang? tentu, langkah pertama adalah pemeriksaan kadar kolesterol, bahkan American Heart Association menyarankan seorang pemuda berusia 20 tahun membiasakan diri melakukan pemeriksaan jantung.

Perlu di pahami dan ingat, bahwa tindakan check-up seperti ini tidak hanya untuk orang berbadan gemuk, tapi untuk yang bertubuh kurus, karena apa bila hasil pemeriksaan normal, tentu di haruskan kembali pada tahun ke-4 atau ke-6 kemudiannya.

Lalu, jangan lupakan menjaga berat tubuh tetap ideal, sesuai BMI (body mass index), caranya dapat di upayakan dengan olahraga teratur, konsumsi makanan gizi tinggi, dan menjalankan pola hidup sehat.

Menurunkan Kolesterol

Jika sudah pernah mendapati hasil kontrol darah dengan hasil kolesterol tinggi, maka untuk menurunkannya dapat menghindari makan-makanan yang menjadi pemicunya, seperti makanan cepat saji, jerohan, seafood (kerang, kepiting, cumi, gurita dll) dan lebih selektif lagi pada jenis daging.

Berdasar tim ASURANSIKU.id himpun beberapa makanan yang baik untuk di konsumsi penderita kolesterol tinggi :

  1. Ikan, Ayam/bebek tanpa kulit, irisan daging tanpa lemak, dengan cara memasak tanpa bakar atau panggang, lebih baik di kukus / rebus dan jika harus di goreng, usahakan menggunakan minyak bunga matahari, minyak wijen, minyak kedelai, minyak jagung dll.
  2. Susu, keju, yoghurt rendah lemak, kurangi konsumsi kuning telur, karena lebih baik memakan putih telurnya saja, jangan memakai mentega, karena lebih baik margarin.
  3. Sering-sering konsumsi makanan bervitamin C (pepaya, anggur, jeruk, blimbing, wortel) juga vitamin E (almon, kacang tanah, kedelai dll)

Berdasar pengamatan tim ASURANSIKU.id bahwa usia muda yang seringkali menghabiskan waktu bersama gadget dengan rebahan, minum-minuman bergula tinggi (softdrink, boba, thai tea, cappucino dll), begadang, konsumsi mi instan berlebih, meminum alkohol, sangatlah rentan terkena stroke akibat kolesterol di usia muda, pentingnya kesadaran untuk menjaga gaya hidup sehat serta makanan bergizi tinggi, membuat tubuh terhindar dari segala penyakit mengerikan tersebut, dan lengkapi diri dengan perlindungan asuransi kesehatan untuk menghindari biaya perawatan yang mahal.(arm)

WhatsApp ASURANSIKU.id WhatsApp Customer Service