PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Mengenal Startup Insurtech


Akhmad Armin  |  Bisnis  |  10 December 2021  |   2156 Pengunjung

Mengenal Startup Insurtech

Bisnis  |  10 December 2021 Mengenal Startup Insurtech

Kemajuan zaman diiringi dengan teknologi yang terus berkembang menjadikan teknologi dapat menopang segala kebutuhan masyarakat, hampir semua bidang dapat di cover, termasuk salah satunya adalah keuangan.

Produk inklusi keuangan yang kini banyak berinovasi adalah financial technology atau fintech, bahkan dunia asuransi pun mulai berkspansi melalui platform dan teknologi daring.

Insurtech yang disebut dengan insurance technology mempadupadankan antara asuransi dengan produk teknologi, biasanya perusahaan broker yang melebarkan sayapnya dengan layanan teknologi, karena pada dasarnya layanan asuransi dengan manajemen dan di kelola dari kalangan profesional akan memahami tentang bagaimana cara melayani asuransi pada end user.

Sedikit berbeda dengan perusahaan asuransi yang memakai teknologi untuk melayani pelanggan, yang biasanya dijalankan berdasar sistem keagenan.

Dengan konsep penjualan secara daring masyarakat dapat memilih produk asuransi dari perusahaan ternama melalui insurtech, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, pasar utamanya adalah kalangan millenial yang juga sebagai masyarakat urban.

Seiring dengan kemudahan kepemilikan kendaraan bermotor, dan kemudahan akses internet, membuat pengguna insurtech yang memudahkan pelanggan baik dari cara pembelian hingga proses klaim, mulai menunjukan kenaikan yang pesat, seperti saat membeli asuransi mobil.

Proses yang mudah ini, cukup di operasikan dengan handphone, ditambah dengan metode pembayaran yang variatif dan kemudahannya, sehingga para nasabah mendapat polis cukup dari layanan pesan singkat dan email.

Insurtech Terpercaya Adalah Yang Dikelola Broker

Broker yang menjual produk dan layanan asuransi secara konvensional biasanya low volume dan high value, yang artinya jumlah klien yang layaninya tidak terlalu banyak, namun memiliki kualitas bisnis yang cukup besar.

Dari proses pembelian, tidak jarang harus berkonsultasi dan face to face, karena sistem dan proses klaim yang memungkinkan menunggu kordinasi dari klien dan biasanya harus dilakukan survey dan tanda tangan.

Bahkan dari proses pembeliannya memang cukup panjang, mulai dari penawaran, negosiasi harga, sampai transaksi yang tidak otomatis tersistemasi, namun seperti yang banyak dialami para pelanggan, bahwa asuransi yang di manage oleh broker, cenderung profesional, karenanya kalangan korporasi ketika mengasuransikan asetnya, tentu melalui broker.

Sedangkan apabila secara insurance technology atau insurtech cenderung lebih mudah secara operasional, baik cara berkomunikasi dengan customer service, penggunaan teknologinya, sampai proses klaim, yang seamless dan realtime, tentunya paperless administration.

Tentunya sebagai broker yang berpengalaman yang mengelola startup insurtech, pengurangan terhadap biaya akuisisi administrasi akan lebih signifikan, karena inilah keunggulan insurtech, juga keunggulan dari cost reductionnya.

Sebagai perusahaan yang berfokus terhadap kemudahan user experience dan fokus dengan target crossselling juga upselling, broker yang juga mengoperasikan insurtech akan lebih di percaya oleh para pelanggan, karena menyediakan produk-produk asuransi dengan harga yang relatif terjangkau baik untuk korporasi ataupun perorangan.(Arm)

WhatsApp ASURANSIKU.id WhatsApp Customer Service