Penjualan kendaraan untuk keluarga dengan kapasitas 7 penumpang berongkos terjangkau ataupun biasa diketahui dengan sebutan low multi purpose vehicle (LMPV) mengalami peningkatan positif diawal tahun Januari 2022. Gaikindo menyatakan pasar kendaraan sejuta umat ini naik mengalami kenaikan yang sangat baik. Ini sejalan dengan penjualan mobil nasional yang melesat sebesar 66, 8 persen di Januari hingga Desember 2021 silam selepas diberlakukannya insentif PPnBM- DTP serta terhelatnya pameran otomotif nasional tahunan.
Cuma saja, kemampuan segmen tersebut sedikit menyusut dari 16, 1 persen jadi 15, 9 persen saja sebab ada sebagian model yang terhambat imbas pasokkan komponen cip semikonduktor, semacam Honda Mobilio. Apabila ditarik garis panjang, pasar LMPV tahun 2022 nampak mulai kembali ke posisi wajar ataupun saat sebelum pandemi. Mengingat, rata- rata penjualan di segmen terpaut masing- masing tahunnya yakni 220. 000 unit. Pasar LMPV tetap stabil meski di pandemi Covid-19 Omicron kedua model itu senantiasa bersaing lumayan ketat.
Setelah itu secara berentetan diisi oleh Daihatsu Xenia( 15. 555 unit), Suzuki Ertiga( 11. 410 unit), serta Wuling Confero( 10. 449 unit). Dibandingkan tahun kemudian ketiganya sukses bergerak positif hingga dekat 20 persen. Tetapi nasib kurang baik dirasakan Honda Mobilio serta Nissan Livina yang nampak belum dapat bangkit. Sebabnya bermacam- macam, semacam terdampak krisis pasokan cip semikonduktor sampai terdapatnya peralihhan penciptaan ke model lainnya.
Perkembangan LMPV ini tentu merupakan hal yang disambut positif oleh ASURANSIKU.id sebagai asuransi mobil resmi untuk LMPV kesayangan kelurga Indonesia.(rsv)