Waralaba adalah hubungan hukum dan komersial antara pemilik merek dagang, merek layanan, nama dagang, atau simbol iklan dan individu atau kelompok yang ingin menggunakan identifikasi itu dalam bisnis. Waralaba mengatur metode menjalankan bisnis antara kedua belah pihak.
Umumnya, franchisee menjual barang atau jasa yang dipasok oleh pemilik waralaba yang memenuhi standar dan kualitas. Waralaba didasarkan pada rasa saling percaya antara pemilik dan franchisee. Pemilik waralaba memberikan keahlian bisnis (rencana pemasaran, panduan manajemen, bantuan pembiayaan, lokasi lokasi, pelatihan, dll.) yang jika tidak, tidak akan tersedia bagi penerima waralaba. Pewaralaba membawa kepada operasi waralaba semangat kewirausahaan dan dorongan yang diperlukan untuk membuat waralaba sukses.
Waralaba produk/nama dagang dan Waralaba format bisnis.
Dalam bentuk yang paling sederhana, pemilik waralaba memiliki hak atas nama atau merek dagang dan menjual hak tersebut kepada penerima waralaba. Ini dikenal sebagai "waralaba produk/nama dagang". Bentuk yang lebih kompleks, "waralaba format bisnis," melibatkan hubungan berkelanjutan yang lebih luas antara kedua pihak. Waralaba format bisnis sering menyediakan berbagai layanan, termasuk pemilihan lokasi, pelatihan, pasokan produk, rencana pemasaran, dan bahkan bantuan dalam memperoleh pembiayaan.